Catatan Perjalanan: Culture Day!

Beberapa waktu yang lalu, Kunta Wijaya mendapatkan tawaran untuk mengisi kegiatan di lingkungan rumah teman dari salah satu anggota kami. Lokasi persisnya di wilayah Pondok Melati, Bekasi. Kegiatan yang ditawarkan kepada kami tentu saja tentang pengenalan budaya wayang. Sama seperti kegiatan di Dreamdelion sebelumnya, sasarannya pun kali ini juga anak-anak. Anak-anak dengan kisaran usia sekolah dasar.

Sekilas Tentang #misi14hari

Tercetus lah sebuah ide untuk mengadakan suatu kegiatan bagi anak-anak untuk mengisi (dua minggu) liburan sekolah mereka dengan hal-hal yang bermanfaat. Ide ini dicetuskan oleh seorang mahasiswa S2 kenalan kami, Fina namanya. Dia berencana untuk mengajak anak-anak di lingkungan sekitar rumahnya untuk mengikuti kegiatan yang dia selenggarakan.

Ide besarnya seperti ini. Selama dua minggu, tepatnya 14 hari, para peserta kegiatan akan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat yang setiap harinya memiliki tema yang berbeda. Apa saja tema-temanya? Bermacam-macam! Mulai dari menulis surat, menonton film, menanam pohon, menggosok gigi yang benar, memasak, hingga mengenal budaya wayang! Artinya, ada 14 tema berbeda yang akan anak-anak tersebut ikuti setiap harinya selama dua minggu. Tema-tema tersebut menjadi nama kegiatan per harinya, contohnya seperti; plant day, word day, movie day, serta culture day.

Fina, si penggagas acara, mengajak teman-temannya yang berminat untuk menjadi fasil di kegiatan ini. Kira-kira siapa yang mampu mengisi tema-tema yang telah ditentukan dalam #misi14hari. Misalnya, teman-teman dari Fakultas MIPA untuk melakukan percobaan fisika sederhana bagi anak-anak. Atau contoh lain, teman-teman dari FKG untuk memberi tahu cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang benar.
Untuk mengisi tema pengenalan budaya pada anak-anak, Fina menawarkan kepada kami kesempatan tersebut. Tentu saja tanpa ragu kami langsung mengambilnya! :)

Culture Day

Judul kegiatan pada hari itu adalah Culture Day! Tujuannya, untuk mengenalkan anak-anak pada kebudayaan wayang. Berlokasi di rumah tetangga Fina (Pondok Melati, Bekasi) pada tanggal 5 Januari 2014, Kunta Wijaya hadir untuk mengenalkan wayang kepada anak-anak dalam #misi14hari.

Pada awal kegiatan, kami memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis wayang. Kami membawa beberapa wayang kulit dan wayang golek untuk ditunjukan kepada anak-anak. Saat kami tanya, ternyata banyak juga loh anak-anak yang sudah tahu beberapa nama tokoh pewayangan. Senangnya! :)

Setelah itu, Kunta Wijaya menampilkan persembahan berupa kolaborasi antara dongeng, wayang orang, serta penampilan wayang kulit. Kisah yang dibawakan tentang Hanoman ‘si kera putih’ yang begitu terkenal dalam epos Ramayana. Berikut ini adalah foto-fotonya!

 
Dongeng dari Kak Ashma

Perkenalan pemeran wayang orang dan dalang


Untungnya, Kunta Wijaya memiliki potensi-potensi luar biasa yang dapat mendukung persembahan tersebut. Mulai dari kemampuan mendongeng, menjadi dalang, menyusun skenario, ­­makeup artist, hingga menyiapkan properti dan atribut pementasan. :)

Anak-anak nampak senang melihat persembahan dari Kunta Wijaya. Mereka menonton dengan sangat antusias. Hal ini menjadi tambahan semangat tersendiri bagi kami. :)

Tidak sampai di situ, jelang siang hari, anak-anak kami minta untuk mengerjakan mozaik gambar wayang. Gambar tokoh wayang yang kami berikan adalah Yudhistira, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Mereka dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan mengerjakannya secara bersama-sama. Setiap kelompok didampingi oleh seorang anggota komunitas kami untuk memastikan bahwa mereka dapat mengerjakannya dengan benar. Di luar dugaan, ternyata anak-anak tersebut dapat mengerjakan mozaik dengan cepat dan hasil yang bagus! Padahal sebelumnya, kami juga mencoba dan mengalami kesulitan dalam menempelkan potongan-potongan kertas warna ke gambar wayang. :p
Inilah hasil karya anak-anak dalam culture day.

Mozaik gambar wayang :)

Dengan selesainya pengerjaan mozaik gambar wayang, selesai pula kegiatan kami dalam #misi14hari. Puas dan senang! Rasanya itulah yang dapat menggambarkan perasaan kami pada hari itu. :)

Akhir kata, terima kasih untuk Fina yang telah memberikan kesempatan pada Kunta Wijaya untuk berpartisipasi dalam #misi14hari!  :-D

Kunta Wijaya featuring anak-anak #misi14hari

-Atha Rasyadi-

No comments:

Post a Comment