Arjun: The Warrior Prince (Review Film)

Arjun: The Warrior Prince mengisahkan tentang perjalanan Arjuna dalam menjadi seorang ksatria yang sesungguhnya.  Untuk mencapai mimpinya itu, Arjuna dan keempat saudaranya mengalami berbagai macam kejadian yang mendewasakan dan menguatkan mereka. Mulai dari pengajaran yang diberikan oleh Drona, pengembaraan sebagai brahmana, pertapaan di puncak Himalaya, serta pengasingan selama 13 tahun akibat perjudian Yudistira dengan Duryudana dari pihak Kurawa. Film yang ditayangkan pada tahun 2012 di India ini fokus menyorot pada perselisihan antara Pandawa dan Kurawa sebagai penerus tahta kerajaan Hastinapura. Tentu saja, dalam film ini Arjuna lah yang menjadi tokoh sentralnya.
 
Setidaknya, menurut saya ada beberapa hal yang menjadikan film ini layak tonton bagi para penikmat kisah Mahabharata. Pertama, penyampaian cerita yang menarik dengan sentuhan teknik animasi modern studio Walt Disney dan UTV Motion Pictures. Berbeda dengan film-flim animasi produksi India yang pernah ada sebelumnya, film ini berusaha menggabungkan teknik animasi 2D dengan 3D dengan begitu halus. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan animasi ini. Selain itu, film ini juga menyajikan penyampaian narasi dengan cara yang unik, namun mudah dipahami tanpa menghilangkan esensi dan daya tarik dari kisah Mahabharata. Selain itu, film ini juga dapat dinikmati bagi semua usia, tidak terbatas pada anak kecil ataupun orang dewasa saja.

Meskipun begitu, film Arjun: The Warrior Prince akan nampak sedikit membingungkan bagi mereka yang belum mengenal kisah Mahabharata sama sekali. Mengapa? Karena ada beberapa detil cerita yang terlewatkan, khususnya penjelasan mengenai tokoh-tokoh yang muncul dalam film tersebut. Tambahan pula, film ini tidak mampu menghadirkan kisah Mahabharata secara utuh dan lengkap. Meringkas kisah Mahabarata yang begitu kompleks menjadi sebuah film yang berdurasi sekitar 90 menit memang merupakan pekerjaan besar tersendiri yang sulit dilakukan dengan baik.

Kesimpulannya, secara umum film ini merupakan sebuah karya modern yang layak tonton bagi siapa saja. Dengan mengabaikan detil cerita yang terlewatkan, kita tetap dapat menikmati perjalanan hidup Arjuna dan keempat saudaranya melalui animasi yang digarap dengan cukup baik. Meski bukan sebuah karya yang sempurna, film ini dapat menjadi rekomendasi bagi mereka yang tertarik pada kisah pewayangan Mahabharata. Jadi, selamat menonton! J
 
 
 
- Atha Rasyadi -

No comments:

Post a Comment